Gunung Santri Cilegon

Kendaraan para peziarah memadati kaki Gunung Santri
 
Gunung Santri berada di Kabupaten Serang-Banten, Kampung Bojonegara, Kecamatan Bojonegara. Gunung Santri adalah salah satu tujuan wisata religi para peziarah umat islam, biasanya umat islam berziarah keliling banten dengan beberapa tujuan yang tidak bisa dilewatkan, diantaranya :
  1. Sulton Maulana Hasanudin di Banten lama
  2. Syekh Muhamad Soleh bin Abdurahman di Gunung santri Cilegon
  3. Syekh Asnawi di Caringin Labuan Pandeglang
  4. Syekh Maulana Mansurudin di Cikaduen Pandeglang
  5. Obyek wisata pemandian batu Qur'an ( peninggalan Syekh maulana Mansurudin )
Diatas gunung santri terdapat makam tokoh ulama yang sangat dikeramatkan oleh umat muslim, beliau adalah Syekh Muhamad Soleh bin Abdurahman. Beliau adalah pengikut atau tangan kanan kepercayaan Sultan Maulana Hasanudin yang bersama-sama menyebarkan ajaran islam keseluruh pelosok jawa bagian barat, terutama didaerah Banten dan sekitarnya. Jarak dari kaki gunung santri menuju puncak bukit berjarak 500m ditempuh dengan berjalan kaki.

Pada masanya perjuangan beliau sangat berat karena pada waktu itu daerah kulon belum begitu mengenal islam, Syekh Muhamad Soleh bin Abdurahman adalah santri dari Sunan Ampel, beliau diutus Sunan Gunung Djati (Sultan Syarief Hidayatullah) untuk mencari puteranya Hasanudin dikulon. Hasanudin diperintahkan ayahnya untuk syiar islam di pulau jawa bagian kulon atau Banten, setelah beberapa lama mencari Hasanudin akhirnya bertemulah dan bersama-sama menyebarkan ajaran islam.

Perjuangan Menyebarkan ajaran islam di banten sangatlah berat, karena ditentang dan harus melawan kerajaan Banten Girang yang di rajai oleh Prabu Pucuk Umun, yang waktu itu masih menganut ajaran hindu. Pucuk Umun tidak terima kehadiran islam di kerajaan dan wilayahnya, sehingga banyak perlawanan dan pertempuran yang terjadi. Pertempuran yang hingga kini masih menjadi cerita rakyat adalah ketika adu kesaktian adu ayam, Pucuk Umun mempunyai ayam yang sangat sakti, dan Hasanudin mempunyai Syekh Muhamad Soleh yang bisa merubah wujud menjadi ayam jago yang sangat sakti, terjadilah pertarungan dua ayam jago yang sangat sengit, di akhir pertarungan ternyata dimenangkan oleh Syekh Muhamad Soleh.

Makam Syekh Muhamad Soleh bin Abdurahman selalu ramai dikunjungi peziarah khususnya umat islam dari berbagai daerah, keberadaan makam Syekh Muhamad Soleh bin Abdurahman memberikan keberkahan khususnya para penduduk disana, penduduk disana membuka lapangan kerja dan usaha sendiri sehingga meningkatkan ekonomi daerah dan penduduk.

1 komentar:

  1. Bingung mencari Situs Taruhan Ayam?
    Tenang saja BOLAVITA bekerja sama dengan S128, SV388 dan Kungfu Chicken yang bisa Anda daftarkan dan mainkan.

    Dengan minimal Deposit Rp 50.000 saja, untuk Anda yang baru pemula , pastinya bermain sabung ayam secara online pasti gampang gampang susah.

    Tidak perlu khawatir juga, anda bisa membaca paduan bermain adu ayam juga..
    Paduan Adu Ayam Online S128 untuk Pemula

    Daftar dan main sekarang juga di www.bolavita.vip

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus