Sejarah MasJong dan Agusju

Maqam Masjong & Agusju

Masjong dan Ki Agusju sebelum memeluk islam mereka adalah beragama hindu, dan kedua orang ini sangatlah sakti mandraguna sehingga raja Pucuk umun sangat mengandalkan kesaktiannya. Masjong dan Ki Agusju adalah dua saudara kakak beradik, menurut sejarah mereka adalah seorang resi sakti dari kerajaan Banten Girang.

Setelah kedatangan Maulanan Hasanudin dari Cirebon, yang diutus oleh ayahnya yaitu Sulton Syarief Hidayatullaoh ( sunan gunung djati ) Cirebon, yang ditugaskan untuk dakwah mengenalkan dan menyebarkan ajaran agama islam kepada kerajaan Banten Girang. Setelah tiba dibanten Mulana Hasanudin mengajarkan ajaran islam kepada lapisan masyarakat banten didaerah gunung Pulosari, karena daerah inilah gunung yang dikeramatkan pada masa kerajaan Pucuk Umun, setelah itulah menyebar kedaerah lainnya.

Raja Pucuk Umun mendengar kabar dari para prajuritnya bahwa didaerah kekuasannya telah lahir agama baru yang dibawa oleh orang asing, merasa penasaran maka diutuslah oleh Raja yaitu Masjong dan Agusju untuk menyelidiki kebenarannya, akhirnya berangkatlah kedua kakak beradik itu untuk mengetahui kebenarannya, dan setelah Masjong dan Agusju melihat, ternyata berita itu benar dan bahkan ajaran islam sudah meluas didaerah kekuasaan banten girang. Maka kembalilah Masjong dan Agusju untuk melaporkan hasil penyelidikannya itu kepada raja, setelah mendengar berita dari kedua orang itu raja sangatlah marah sehingga diutuslah kembali Masjong dan Agusju untuk mengusir dan membunuh Maulana Hasanudin.

Dalam Maqam
Maqamnya terletak didaerah kampung Balaya desa Sempu kota Serang.
Pertarungan antara Maulana Hasanudin dan Masjong dan Agusju tidak bisa dihindari, dua kakak beradik ini menantang bertarung dengan Maulanan Hasanudin, yang akhirnya terjadilah pertarungan yang sangat sengit, sebuah pertarungan dan adu kepandaian dimenangkan oleh Maulana Hasanudin, kehebatan Maulana Hasanudin sangatlah membuat takjub Masjong/Agusju, sehingga mereka bertanya kepada Maulana Hasanudin'' ilmu apakah yang membuat kamu sakti '', jawaban Maulana Hasanudin sangatlah simpel ''ilmu Allah''. Setelah mendengar wejangan dan melihat budi luhur Maulana Hasanudin, Masjong/Agusju terharu dan kagum dengan keluhuran ajaran yang disampaikan oleh Maulana Hasanudin.

Setelah banyak belajar ajaran islam Masjong dan Agusju memeluk islam tanpa paksaan, dan menjadi pengikut setia Maulana Hasanudin, bahkan yang menyampaikan amanat Maulana Hasanudin kepada Raja Pucuk Umun untuk masuk islam adalah Masjong dan Agusju. Perjuangan Maulana Hasanudin dan Masjong dan Agusju, dalam menyebarkan islam sangatlah berat, karena harus berperang dan melawan pasukan banten girang, karena Raja Pucuk Umun tidaklah mau daerah kekuasaannya menjadi islam.
Sampai akhir hayatnya Masjong dan Mas Agusju tetaplah setia kepada Maulana Hasanudin, membantu menyebarkan ajaran islam kepelosok daerah banten.

Bekas pecahan keramik dan senjata yang ditemukan
Hingga sekarang maqam Masjong dan Agusju selalu ramai diziarahi oleh umat muslim, bahkan lokasi peristirahatan terakhirnya sering dipakai untuk pusat penelitian sejarah banten, karena dilokasi maqam adalah bekas daerah kerajaan banten Girang, dan masih banyak ditemukan benda cagar budaya yang masih tersisa.

1 komentar:

  1. Bingung Mencari Situs Yang Tepat & Aman....?
    Kini Telah Hadir Dewakiukiu ... Agen Terpercaya & Terbesar Di Asia...
    Surganya Para Gamers ada Disini !!!
    Kami Menyediakan 7 Jenis Permainan Untuk Anda Semua....
    1. Aduq 2. Bandarq 3. Domino 4. Poker 5. Bandarpoker 6. Capsasusun 7. Sakong
    Anda Semua Bisa Bermain 7 Permainan Kami Hanya Dalam 1 User ID....
    Hanya Minimal Depo 15.000 Rupiah Anda Sudah Bisa Nikmati 7 Game Kami...
    Ayok Tingkatin Hobi Anda & Uji Hoki Anda Di Dewakiukiu .....
    Kami Mengutamakan Pelayanan, Kecepatan dan Kepuasan kepada member
    Anda Jangan Ragu lagi Join Sekarang Juga !!!
    Jika Butuh Bantuan Sagera Hubungin Kami Disini :
    Liverchat : Dewakiukiunet
    Bbm : 33428C8D
    Whatsapp : +855962762654

    BalasHapus