Haul Cilongok

Tangerang 9 Pebruari 2014 yang jatuh pada hari minggu, Kp Cilongok Ds Sukamantri Kec Pasa Kemis dipadati oleh ribuan jamaah dari pelosok berbagai daerah, diantaranya dari pulau Jawa dan sumatera. Berbagai tokoh ulama besar indonesia, politisi, Bupati, Camat, dan instansi pemerintahan lainya ikut hadir dalam acara djikir bersama, yaitu dalam rangka memperingati haul tuan Syekh Abdul Qodir Al-Zaelany yang ke 55.

Tepatnya acara di pesantren Al-Istiqlaliyyah Kp.Cilongok Ds Sukamantri yang di pimpin oleh ulama besar tangerang yang salafi yaitu KH Uci Turtusi penerus dari KH Dimyati ayahandanya, sekaligus pendiri pesantren Al-Istiqlaliyyah. Pesantren ini didirikan pada tahun 1957 oleh KH Dimyati (almarhum)

Acara haul Syekh Abdul Qodir Al-Zaelani yang digelar setiap setahun sekali selalu dipadati ribuan jamaah, bahkan Mantan presiden Gusdur selalu aktif mengikuti haul di Cilongok semasa hidupnya. Habib Lutfi ketua torekat dari Pekalongan, Ulama dari Mesir, ulama besar lainnya dan bupati Tangerang, duduk bersama-sama dalam djikir haul tuan syekh.

KH Uci Turtusi adalah tokoh ulama kharismatik didaerah Tangerang, beliau adalah putera dari alm KH. Dimyati, yang makam ayahnya disebelah selatan mesjid Cilongok. Makam ayahnya selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah yang datang dari berbagai daerah.

Untuk acara pengajian rutin yaitu setiap hari minggu pagi sampai dengan selesai, acara pengajian mingguan selalu ramai di ikuti oleh jamaah dari berbagai daerah sehingga para jamaah memadati kampung Cilongok tepat di Pesantren Al-Istiqlaliyyah.

2 komentar:

  1. Sangaat bermanfaat artikel nya bang Goffar...salam kenal dri pasar kemis :)

    BalasHapus