Makam Kiyai Haji Penghulu Gusti


Pintu Masuk Hutan Keramat

Kiyai Haji Penghulu Gusti adalah tokoh legenda dari Dusun Ciomas, Kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, letaknya dikaki gunung Syawal.

Menurut legenda masyarakat beliau adalah orang pertama yang menyebarkan agama islam di daerah Dusun Ciomas dan sekitarnya, keberadaan makamnya terletak di tengah hutan keramat Sukarame yang luasnya 35 hektar, hutan Sukarame sangat dikeramatkan dan dijaga kelestariannya oleh penduduk Ciomas, para warga atau siapapun yang datang ke hutan keramat dilarang menebang pohon ataupun mengambil kayu tanpa seizin para sesepuh setempat.
Jalan Didalam Hutan Menuju Makam
Tradisi upacara yang masih dilestarikan sampai saat ini adalah acara Nyepuh, tradisi Nyepuh diselenggarakan setiap setahun sekali menjelang akan melaksanakan ibadah puasa ramadhan, Nyepuh yang artinya mensucikan diri secara lahir & bathin, acara Nyepuh dilaksanakan dihutan keramat Sukarame tepatnya di sekitar makam keramat KH Penghulu Gusti. Acara Nyepuh di isi dengan Tawasulan memanjatkan doa bersama kehadirat Allah SWT, siraman rohani, & syukuran. Acara ini masyarakat diwajibkan memakai seragam serba putih-putih
Sumur Keramat KH Penghulu Gusti

Ibu Siti Mariyam atau Ma Iyam adalah tokoh yang sangat dihormati atau disegani oleh warga Ciomas, karena beliau adalah sekaligus kuncen dan pengurus hutan keramat Sukarame. Beliaulah yang sangat andil melestarikan hutan keramat Sukarame hingga saat ini, para pengunjung atau peziarah biasanya sebelum melaksanakan jiarah qubur ke makam KH Penghulu Gusti, terlebih dahulu izin kepada Ibu Siti Mariyam, setelah mendapatkan izin barulah para peziarah berangkat menuju makam keramat Penghulu Gusti dengan diantar oleh warga setempat.

Setelah memasuki hutan keramat yang pertama para rombongan akan diajak ke sumur keramat, sebelum ziarah biasanya rombongan mandi terlebih dahulu di sumur air keramat hutan Sukarame, yang mana tujuan mandi adalah membersihkan badan dan berwudhu sebelum berziarah, sumur keramat ini sejarahnya dibuat oleh tokoh legendaris yaitu KH Penghulu Gusti, sesudah selesai mandi disumur keramat dan berwudu perjalanan dilanjuti ke makam KH Penghulu Gusti untuk ziarah.
Lokasi Makam KH Penghulu Gusti
Ditengah areal hutan keramat terdapat banyak makam, namun menurut cerita masyarakat makam yang berada di sekitar makam KH penghulu Gusti, bukanlah makam keramat semua, melainkan ada beberapa simbol yang mengandung filosofis yang amat sangat dalam tentang kehidupan manusia. Hutan keramat sangatlah dijaga dengan kelestarian alamnya, karena menjaga dan dilarang merusak hutan adalah sebagian pesan dari Kh Penghulu Gusti semasa hidupnya, petuah itu sangat di taati oleh semua masyarakat, dan tidak ada masyarakat yang berani mengambil kayu apalagi merusak hutan larangan, bagi yang berani merusak hutan dan tidak mentaati petuah para kokolot maka akan terkena musibah dikehidupannya ‘’wallahu’alam’’.
Situs Makam Diareal Makam Keramat
Hutan keramat ini adalah salah satu cagar budaya yang termasuk situs kepurbakalaan yang statusnya dilindungi oleh pemerintah, jadi bagi siapa saja yang merusak cagar budaya ini dan merusak kelestarian alamnya akan dikenakan sangsi perundang-undangan yang berlaku.
Ibu Siti Mariyam







0 komentar:

Posting Komentar