Habib Ahmad Pekalongan

Makam Habib Ahmad Bin Abdullah
Habib Ahmad Bin Abdullah Bin Thalib Al-Athas dilahirkan pada tahun 1255H/1836M, kota kelahirannya adalah Hadramaut Yaman, pada masa remaja beliau sangat rajin menimba ilmu agama islam, selain ditanah kelahirannya kota yang disinggahi untuk mempelajari ilmu adalah kota Mekah dan Madinah. Setelah dewasa dan cukup bekal ilmu agama beliau selalu berdakwah mensyiarkan ajaran islam.

Dan hingga akhirnya tibalah Habib Ahmad ke Indonesia, banyak daerah yang disinggahi oleh beliau di indonesia salah satunya adalah Pekalongan, persinggahan terakhir berdakwah Habib Ahmad adalah Pekalongan, beliau menghabiskan waktunya hanya untuk kepentingan agama dan mengajar mengaji, Habib Ahmad membuka pengajian rutin dan pesantren di kota Pekalongan, ada beberapa tokoh Indonesia yang terkenal pernah mengaji dan berguru kepada Habib Ahmad yaitu : KH. Kholil Bangkalan Madura dan KH. Hasyim Ashari (pendiri nahdhatul ulama).

Habib Ahmad adalah seorang ulama yang sangat mumpuni ilmunya dibidang ajaran agama islam, dengan kepiawaiannya sehingga banyak orang yang ingin menjadi santri dan muridnya, semasa hidupnya Habib Ahmad selalu berdakwah dan mengajarkan ilmu syariat islam.

Habib Ahmad meninggal pada tahun 1928M dalam usia 92 tahun, beliau dimakamkan diPekalongan yaitu tanah dimana beliau menghabiskan masa hidupnya untuk berdakwah dan mensyiarkan ajaran islam kepada masyarakat.

Habib Ahmad adalah ulama yang sangat kharismatik dan disegani oleh semua lapisan masyarakat, walaupun beliau sudah tidak ada tetapi jasa dan pengorbanan beliau dalam mensyiarkan ajaran islam selalu dikenang hingga akhir masa, makamnya selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai pelosok Indonesia.

Dengan kebarokahan dan karomahnya yang diberikan Allah SWT, keberadaan makam Habib Ahmad di Pekalongan membawa berkah kepada penduduk di Pekalongan, karena disekitar areal pemakaman menjadi mata pencaharian para pedagang mengais rizki. Antara lain pedagang batik Pekalongan yang harganya murah meriah, para pedagang batik banyak sekali disekitar areal makam Habib Ahmad, mereka berharap para pengunjung yang berziarah membeli berbagai batik yang dijualnya.

0 komentar:

Posting Komentar