Goa Tangkuban Parahu


Goa Kahuripan terletak di puncak objek wisata Tangkuban Parahu Bandung, untuk menuju goa harus rela berjalan kaki lebih dari satu kilo, dengan berjalan disepanjang kawah ratu. Selain goa kahuripan ditempat ini ada juga air kahuripan yang letaknya pas didepan mulut goa. Menurut legenda masyarakat sekitar, bahwa goa tersebut adalah bekas tempat tinggal Ratu Dayang Sumbi sewaktu mengasingkan diri, Ratu Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu dari sang maha legenda tangkuban parahu, yaitu yang bernama Sangkuriang tokoh sakti pada zamannya.

Air Kahuripan adalah sarana untuk membersihkan diri atau sarana pemandian sewaktu Ratu Dayang Sumbi berada di Bukit Tangkuban Parahu, air kahuripan inilah yang dijadikan kebutuhan sehari-hari. Pada awal mulanya air kahuripan terletak di puncak gunung Tangkuban Parahu, namun karena situasi yang kurang aman akhirnya air kahuripan di alirkan ke depan goa kahuripan.

Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa air kahuripan bisa dijadikan sarana berbagai pengobatan, karena dengan mitos tersebut sampai sekarang banyak peziarah yang ngalap berkah ditempat ini, selain mandi di air kahuripan dengan tujuan pengobatan, disisi lain bisa untuk menyegarkan badan dari perjalanan kaki yang sangat jauh.

Air Kahuripan dan Goa dijaga oleh seorang kuncen, yang tak lain tugasnya adalah menjaga kelestarian tempat sekitar pemandian dan goa. Para pengunjung yang berniat berziarah bisa di antar masuk oleh kuncen ke dalam goa, didalam goa telah tersedia tempat berziarah seperti kamar khusus, mungkin kamar inilah yang dijadikan kamar tidur sewaktu Ratu Dayang Sumbi tinggal berada di puncak Tangkuban Parahu, sewaktu berziarah didalam goa lampu akan dimatikan, dan para peziarah akan menikmati ke khusuan berdoa pada sang khaliq, setelah berziarah selesai kuncen akan mengajak keluar dari pintu goa belakang yang tembus ke lain tempat.

Bagi para pengunjung Tangkuban Parahu tidak ada salahnya jika mencoba menyempatkan diri untuk berdoa atau hanya sekedar melihat keberadaan goa dan air kahuripan, karena tempat bersejarah ini tidak lepas dari legenda Tangkuban Parahu.

Benar dan tidaknya sejarah tentang mitos Goa dan Air Kahuripan, semua kembali kepada diri kita masing-masing, itu semua tergantung penilaian dan keyakinan kita.

0 komentar:

Posting Komentar