Objek Wisata Solear Tangerang

Solear berada di Provinsi Banten Kec Solear Cisoka Tangerang, tempat ini banyak menyimpan sejarah perjuangan para pejuang di keSultanan Banten. Banyaknya makam pejuang yang masih utuh membuktikan bahwa tempat ini adalah basis pertahanan dan markas besar, atau persinggahan prajurit yang hendak ke kesultanan Banten.

Yang paling di keramatkan adalah makam Syekh Mas Masad, yaitu panglima perang dari Cirebon yang diutus membantu Banten untuk menyebarkan agama islam, dan mempertahankan kerajaan Banten dari serangan kerajaan Pajajaran. Syekh Mas Masad memilih wilayah Solear sebagai basis pertahanan kesultanan Banten, dan mendirikan pondok pesantren sebagai sarana penyebaran islam, karena tempat ini sangat strategis menangkal serangan Pajajaran dari Bogor.Syekh Mas Masad sering mendapatkan perlawanan dari kerajaan Pajajaran, karena Pajajaran merasa terancam wilayahnya dan tidak menginginkan ajaran islam menyebar di daerah kekuasaannya, sehingga peperangan ini tidak bisa dihentikan hingga akhir hayatnya. Sekh Mas Masad meninggal di karenakan sakit dan di kebumikan di Solear dimana beliau menyebarkan ajaran islam. Setelah wafatnya sang syekh, Sulton Banten mengutus kembali penerus perjuangannya, yaitu : Syekh Mubarok.

Hingga kini perjuangan dan jasa-jasa beliau tidak pernah dilupakan oleh masyarakat Banten, makamnya yang selalu ramai dikunjungi peziarah hingga saat ini tidak pernah sepi. Para peziarah bukan saja dari Banten, dari luar daerah pun banyak yang berziarah ketempat ini.
Dan yang menjadi daya tarik pengunjung adalah banyaknya primata monyet ekor panjang, yang jumlahnya kisaran 500 ekor. Para pengunjung yang datang akan langsung disambut oleh ratusan monyet, dan jangan merasa takut karena monyet itu mengira pengunjung membawa makanan untuk para monyet. Jadi bila hendak ke Solear jangan lupa persiapan membawa makanan ke sukaan monyet, seperti kacang-kacangan, pisang dan buah-buahan lainnya.

Tapi jangan merasa kuatir bagi para pengunjung yang tidak membawa makanan untuk monyet, para pedagang kecil di solear menjajakan makanan kacang dan pisang, yang diperuntukan untuk memberi makan monyet.

1 komentar: