Haul Cilongok 57

 
Tangerang 08 Januari 2016 Kp. Cilongok Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis, dipadati ribuan jamaah yang datang dari pelosok Indonesia, bahkan tamu dari luar negeri.
Yang menjadi daya tarik sehingga Kp. Cilongok didatangi dan dibanjiri umat islam, karena pada hari Minggu bertepatan dengan acara Haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Zaelani yang ke 57. 

Acara Haul Tuan Syekh dilaksanakan rutin setiap tahunnya, tepatnya dipesantren Al-Istiqlaliyyah di Kp.Cilongok, yang dipimpin oleh ulama besar dari kota Tangerang yaitu KH.Uci Turtusi. Para tamu dan jamaah yang datang untuk menghadiri Haul Tuan Syekh setiap tahunnya, selalu memadati Kp. Cilongok.

Dengan suara gema djikir bersama yang menggelegar hingga menggetarkan Kp.Cilongok, djikir bersama yang dipimpin oleh KH.Uci Turtusi terdengar sangat bergemuruh dari kejauhan, sehingga membuat hati para jamaah terhanyut dengan djikir, jamaah terlihat khusyu berdjikir mengucapkan kalimat thoyyibah kepada Allah SWT.

Hiruk pikuk para jamaah yang berlalulalang membuat jalan macet total, dengan sangat padatnya para jamaah yang menghadiri acara haul membuat berkah bagi para penduduk dan pedagang.

Tamu yang hadir dalam rangka memperingati acara haul antara lain :

Sambutan:

Bupati Tangerang  (diwakilkan)
Wahidin Halim  (tokoh banten)
Gubernur Banten (diwakilkan)
Tb. Fikri  (Qori)
Ky. Turmudzi  (ketua MUI)

Ceramah agama :

Habib Umar  (Pekalongan)
Syekh Abdul Aziz  (Amerika)
Syekh Fadhil   (Yaman)

Para pejabat seperti Bupati dan Gubernur tidak bisa menghadiri acara, mereka disibukan urusannya masing-masing. Tamu yang datang dari luar negeri yaitu Syekh Abdul Aziz dan Syekh Fadhil beserta rombongannya ikut meramaikan acara dan menyampaikan tausyiah ceramah agama.

Acara Haul membawa berkah bagi penduduk sekitar dan pedagang, mereka berjualan disepanjang bahu jalan menuju tempat acara diadakan, para penduduk sekitar memanpaatkan lahan kosong untuk menyiapkan tempat parkir, seperti halaman rumah yang kosongpun dimanpaatkan menjadi tempat parkir, parkir mobil disepanjang jalan hingga satu kilo jaraknya.

Dua hari sebelum acara dimulai, para jamaah yang datang dari berbagai daerah sudah datang dan menginap di masjid dan pesantren, mereka menantikan acara dijauh hari supaya bisa duduk dan berdekatan dengan para guru besar. Antusias para jamaah menghadiri acara haul tuan Syekh Abdul
Qadir Al-Zaelani sangat tinggi, terlihat dari berlangsungnya acara, Kp. Cilongok menjadi lautan manusia.

KH.Uci Turtusi adalah pengasuh pondok pesantren Al-Istiqlaliyyah, Beliau adalah ulama besar dari kota Tangerang-Banten. Dipondok pesantren inilah acara haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Zaelani rutin diadakan satu tahun sekali, setiap acara dihadiri oleh ribuan jamaah dari pelosok negeri, bahkan dari Timur Tengah dan negara lainnya ikut hadir dalam acara haul ini.





4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum,
    admin, saya boleh minta foto-foto terkait perayaan haul di cilongok tidak?
    foto-foto ini insya Allah akan saya jadikan sebagai lampiran dalam penelitian saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wrwb....maf ru dibls, ane kirim fotonya ke almt mna ya?

      Hapus
  2. maaf mas baru bales, kirim ke alamat email saya aja mas. alamatnya inirohima@gmail.com

    BalasHapus
  3. atau ke rohimatunnisa@gmail.com

    terimakasih banyak ya mas atas bantuannya :)

    BalasHapus