Pulau Tidung

 

Pulau Tidung terletak diwilayah Kepulauan Seribu bagian selatan, yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau Tidung terbagi dua pulau, yaitu Tidung besar dan Tidung kecil, dengan hamparan pasir putihnya yang lembut membuat Tidung menjadi indah, kedua pulau Tidung dihubungkan oleh jembatan yang diberi nama warga sekitar jembatan cinta.

Untuk Tidung besar dihuni sekitar kurang lebih 5000 jiwa penduduk, sedangkan Tidung kecil tidak berpenduduk hanya kawasan hutan mangrove, Tidung kecil digunakan sebagai pulau pelestarian hutan mangrove, untuk menuju Tidung kecil harus menyebrangi jembatan cinta.
Banyak jalan untuk menuju Pulau Tidung, sarana ke Pulau Tidung harus dengan perahu penumpang salah satunya bisa didermaga Marina Ancol, Muara Angke, Tanjung Pasir, dan Tanjung Kait.
Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan sebagai tempat rekreasi. Karena ke indahannya, Tidung selalu ramai didatangi pengunjung, para pengunjung bukan saja bisa menikmati keindahan pulaunya, berbagai arena bermain dilaut seperti : Banana boat, Donat boat, Sofa boat & Snorkling sudah disiapkan semuanya di Pulau Tidung. Wisata bawah laut yang ada di Bunaken mungkin terlalu jauh, tetapi tidak perlu penasaran karena di Pulau Tidung wisata bawah lautnya yang tidak kalah indah pengunjung bisa menikmatinya.
Wisata bahari Pulau Tidung bisa menjadi tempat favorit untuk dikunjungi, yaitu karena keindahan pulau, hamparan pasir putih, keindahan alam bawah laut, dan pelestarian hutan mangrove. Untuk mengelilingi dan melihat keindahan Pulau Tidung, para penduduk pulau sudah menyiapkan sepeda yang siap disewakan, dan bagi yang akan bermukim tidak usah merasa takut tidak mendapatkan tempat tidur, karena di Tidung banyak sekali villa-villa yang disewakan.

Sebagai salah satu kelurahan di kepulauan seribu, pulau Tidung sudah termasuk wilayah yang berkembang dan maju, seperti fasilitias umum, kantor polisi, sekolah dari SD sampai dengan jenjang SMU, kantor kelurahan, dan makam Raja Pandita VII Pulau Tidung yang berasal dari Kalimantan.


0 komentar:

Posting Komentar