Wijen


Nama
Lokal
Wijen (Jawa, Sunda), lenga (Sumatera Utara), lengong (Aceh), watu, bijan.

Latin
Sesamun indicum

Asing
Zhe ma (China)




Kegunaan
Biji wijen beraroma khas, dipakai sebagai pelengkap kue, roti, perman, dan masakn, kecap, lemak, margarin, dan minyak. Minyak wijen merupakan salah satu bahan baku pembuatan sabun, lilin, dan cat. Herbanya untuk makanan ternak, wijen merupakan bahan baku masakan yang cukup populer didunia, di Afrika wijen dimasukan dalam bubur dan puding, atau direbus untuk diambil kaldunya, di Eropa wijen diolah menjadi wine, brandy, dan minuman keras lain.

Bagian yang dipakai
Daun, biji

Efek herbal
Laktagoga, antipenuaan, tonikum, antioksidan.

Empiris
Minyak wijen dikenal dengan nama oleum sasami, digunakan dalam industri kosmetik sebagai emulsi, krem, obat gosok, dan salep, sejak zaman dahulu minyak wijen dikenal sebagai pencahar ringan, obat diare, dan rematik. Daunnya dijadikan pilis, obat luar yang ditempelkan saat sakit kepala, manfaat lain mengobati diare, dan gonorrhoe, di India minyak wijen dipakai sebagai obat ayurveda untuk melancarkan ASI, antioksidan, dan menguatkan daya pikir.
 Jika daunnya diremas-remas dengan sedikit air, akan mengeluarkan lendir, lendir ini bisa menyembuhkan kolera, disentri, diare, radang selaput lendir hidung dan tenggorokan, remasan daun wijen juga bermanfaat merangsang pertumbuhan rambut, menghitamkan, dan mencegah kerontokan, biji wijen berperan menuturkan kadar gula darah, menjaga stamina, batuk, dan penangkal racun.

Empiris dengan wijen
1. Minyaknya untuk menguatkan daya pikir
2. Daun ditumbuk lalu ditempelkan di pelipis untuk meredakan sakit kepala
3. Daunnya diremas lalu di oleskan pada rambut untuk mendapat efek merangsang pertumbuhan menghitamkan, dan mencegah kerontokan
4. Bijinya untuk obat batuk
5. Minyaknya untuk melancarkan ASI
6. Daunnya mengobati diare
7. Daunnya diseduh untuk mengatasi gangguan saluran kencing

Senyawa aktif
Gliserida (asam oleat, linoleat, palmitat, stearat, miristinat), sesamin, sesamolin, sesamol, lignans, pedaliin, planteose, sitokrom C, protein, prantosa, vitamin A, B1, dan E.

Bukti ilmiah
Antitumor
Riset dilakukan dalam tahap in vitro, ekstrak alkohol bunga wijen menghambat pertumbuhan tumor sarkoma dan hati hewan percobaan.

Antioksidan
Biji wijen menunjukan aktivitas antioksidan yang cukup signifikan.

Resep
Gangguan saluran kencing
Daun wijen kering sebanyak 8-10 g diseduh dalam 1 gelas air mendidih, tutup, dan biarkan. Minum sekaligus, bila memakai daum segar 2-3 lembar daun wijen segar diremas bersama 1 gelas air matang, peras dan saring, minum sekaligus.



Trubus vol. 10

0 komentar:

Posting Komentar