Khasiat Kemangi

 

Nama :
Lokal
Amping (sulawesi), Selasih (Jawa, Sumatera), Saraung (Sunda)


Latin :
Ocimum basillicum.

Asing :
Basil, basillic common, basilico, bush basil, sweet basil, wild basil (Inggris), basilikon ( yunani).

Kegunaan :
Minyak asirinya dikenal sebagai basil sweet oil atau basil essensial oil, merupakan salah satu minyak esensial yang terkenal dan banyak digunakan dalam industri kosmetik. Daun selasih digunakan dalam dunia kuliner untuk menambah sedap aroma dan citarasa masakan. Selasih dapat digunakan sebagai atraktan nabati, daun dan bunganya mengandung metil eugenol, zat pemikat hama lalat buah.

Bagian yang digunakan untuk obat :
Daun, batang, akar

Empiris dengan Selasih
1. Daun meredakan migren
2. Daun mengobati nafas tak sedap dan mengobati sariawan
3. Daun membantu melancarkan ASI
4. Daun mendorong mengeluarkan gas dari dalam perut, mengatasi diare, dan muntah
5. Daun berkhasiat menenangkan
6. Daunnya untuk mengobati penyakit kulit seperti panu

Efek herbal :
Selasih memberi efek menenangkan, mendorong pengeluaran gas dari dalam perut, dalam dunia kecantikan daunnya berkhasiat menghitamkan rambut dan mencegah kerontokan.

Empiris :
Daun selasih dipakai untuk mengobati penyakit kulit seperti panu, diare, muntah, sariawan, nafas tak sedap, mendorong pengeluaran gas dari dalam perut, menenangkan, meningkatkan daya hidup sperma, meningkatkan kesuburan, rematik, migren, anemia, influensa, ketombe, hernia, dan melancarkan ASI.


Senyawa aktif :
Daunnya mengandung asam kafeat, p-asam kumarat, miresin, rutin, kuersetin, seluruh herba mengandung minyak menguap yang terdiri dari 1,8-sineol, p-cymene, limonen, linalool, metilkaviol, metil sinamat, pinen, safrol, alfa-terpinen, kamfor, d-limonen, myresen, dan timol.

Bukti ilmiah :
Antibakteri
Seperti tanaman lain yang mengandung minyak asiri, selasih juga berpotensi sebagai antibakteri melawan Candida albicans, escherichia coli, dan staphilococcus aureus.

Resep
Pembengkakan Jantung
- Daun selasih 1/2 genggam
- Biji selasih 1/2 sendok teh
- Akar selasih 2 kilan
- Kencur 1 biji sebesar kelereng

Cara membuat
Bersihkan kencur lalu memarkan, rebus bersama bahan lain dalam 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, saring dan minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.



Trubus vol.10


0 komentar:

Posting Komentar