Kamis, 07 Juli 2011

Riwayat Kesultanan Banten 1


A.RAJA SRI BADUGA/PRABU SILIWANGI/DEWATA WISESA



Prabu Sliwangi bertahta antara tahun 1482-1521 memerintah kerajaan Sindangkasih (majalengka), pada tahun 1422,menikah dengan Nyi Mas Subang Larang/Nyi Mas Subang Keranjang (lahir pada tanggal 1404 dan wafat pada tanggal 1441).Nyi Mas Subang Larang adalah putri dari Mangkubumi kerajaan kecil singapura Mertasina Cirebon.Dijumpai pada waktu mesantren di Pesantren Quro di daerah Karawang yang dipimpin oleh Syekh Hasanudin Cempa/Kamboja putra Syekh Yusuf Siddiq guru besar agama islam Cempa.Keturunan dari Syekh Zaenul Abidin keturunan dari nabi Muhammad SAW. Setelah mendapat sepekan, sang Prabu berada di Karawang, kemudian putri Subang Larang dibawa oleh sang Prabu untuk menjadi permaisuri di Keraton Pajajaran. Diceritakan bahwa sebelum menjadi permaisuri, Nyi Mas Subang Larang menerima lamaran sang Prabu dengan satu syarat, agar beliau diberikan mas kawin berupa kalung bintang kerti, tentu yang dimaksud ialah tasbih yang mana didalamnya sudah mengandung Islam sehingga akhirnya sang Prabu menjadi Islam dengan tidak merasa tersinggung perasaannya. Dari pernikahannya Prabu Siliwangi dengan Nyimas Subang Larang dikaruniai 3 orang anak, yaitu :
1. Pangeran Walang Sungsang ( lahir tahun 1423)
2. Ratu Rara Santang (lahir tahun 1427)
3. Raja Sengara/Prabu Kian Sanatang (lahir tahun 1429)

Sejak kecil ketiga anak itu oleh Nyi Mas Subang Larang di didik ilmu agama Islam.Setelah Pangeran Walang Sungsang dan Ratu Rara Santang agak dewasa, mereka diperintahkan oleh ibunya agar berangkat kepesantren Karawang yang bernama pesantren Quro, dimana tempat tersebut adalah tempat pesantren ibunya dahulu. Putra-putra Prabu Siliwangi lainnya, sebagai berikut:
1. Cakra Raja (terpadi gunung)
2. Santang Pertanda (tanjung kemuning)
3. Grantang Serta
4. Esnu Sunare (tanjung buana)
5. Nyi Gede Joni di Pesisir Kidul
6. Nyi Ratu Kawali
7. Nyi Sekar BAng.

Dari lain sumber ada catatan khusus bahwa Prabu Siliwangi mempunyai 74 putra. Dari jumlah putra tersebut ada 8 orang masuk islam yaitu :
1. Ratu Adil
2. Ratu Anasa
3. Ratu Basa
4. Pangeran Bugil
5. Pangeran Purba Djati
6. Pangeran Cakra Buana (Walang Sungsang)
7. Dewi Rara Santang (Syarifah Muda'im)
8. Kian Santang/Raja Sengara

Diceritakan bahwa setelah anak-anaknya dewasa, anak dari perkawinan dengan Nyi Mas Subang Larang, Prabu Siliwangi akhirnya keluar dari agama Islam, kemudian ia kembali agamanya yang pertama.

Prabu Siliwangi Raja Pajajaran menghilang tanpa bekas (sirna)dengan Cendra Sengkala.

0 komentar:

Poskan Komentar