Pahoman Pasir Petey

Menhir Pahoman Pasir Petey berada di kaki gunung karang, terletak di kaki Gunung Kosang Pandeglang-Banten, tepatnya di Kp Pasir Peuteuy, Ds Pasir Peuteuy Kec Cadasari Pandeglang, Menhir ini berdiri di sebidang tanah milik pemda perhutanan, salah satu menhir yang paling besar berukuran 150 cm, dan menhir yang lainnya panjang sekitar 75 cm, jarak tempuh dari ibu kota provinsi banten hingga 30 km kearah selatan.
Hingga kini situs Pahoman pasir petey banyak dikunjungi oleh para pendatang dari berbagai daerah yang berwisata, terutama para peziarah yang mencari berkah di tempat ini, sampai saat ini warga sekitar
menjadikan situs Pahoman sebagai tempat keramat, pada hari-hari tertentu situs pahoman dipenuhi peziarah dari berbagai kota, biasanya tempat ini di tunggui oleh seorang kuncen setempat, tugas sang kuncen adalah menjaga kebersihan dan kelestarian tempat, dan memimpin doa bagi peziarah.
Situs Pahoman Pasir Petey-Pandeglang
Hampir setiap hari tempat ini selalu rame dikunjungi, seperti malem jum'at dan hari libur tidak pernah sepi, apalagi dihari besar umat Islam.

di lokasi ini terdapat beberapa situs purbakala yang terbuat dari punden berundak atau bongkahan batu menhir, oleh masyarakat sekitar lokasi ini sudah lama sekali di keramatkan dan dijadikan tempat berziarah sebagai sarana berdoa kepada sang pencipta.

Para peneliti arkeolog meyakini bahwa situs batu menhir dibuat untuk tujuan religius, dan makna simbolis untuk penyembahan/pemujaan kepada arwah para nenek moyang, atau sebagai lambang kesuburan dan sebagai sarana beribadah kepada dewa mereka. Didaerah Pandeglang banyak ditemukan batu-batu menhir seperti di gunung karang dan gunung pulosari.

Nah jika Anda berminat mengunjungi situs ini, sekalian hendak berziarah atau sekedar foto-foto,,,, karena pemandangannya yang sangat indah dan asri dikelilingi pegunungan. 

Oke sobat selamat berkunjung ya...


0 komentar:

Posting Komentar